PRETTY JSON

Apa Itu Pretty Json

 


Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa itu pretty JSON. Simak saja langsung di bawah!


Pretty Json

Nah sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu JSON. JSON kepanjangan nya JavaScript Object Notation secara umum ini merupakan format data dan JSON ini kebanyakan untuk di gunakan mengirimkan atau mentransmisikan data antara klien dan server pada aplikasi web. Misal saya mau minta data film spiderman dari server imdb nah maka server imdb akan menerima permintaan saya dan mengembalikan berupa format data JSON Dan ini ada kaitannya juga soal API (Application Programming Interface) jika kamu pernah mengembangkan web pada teknologi front end dengan bahasa pemrograman javascript lalu kamu menggunakan fitur fetch nya untuk menggunakan API pasti kamu akan lebih tahu soal beginian.


Pada struktur JSON itu mirip pada objek literal bahasa pemrograman javascript kamu bisa lihat di bawah ini :

{
  "squadName": "Super hero squad",
  "homeTown": "Metro City",
  "formed": 2016,
  "secretBase": "Super tower",
  "active": true,
  "members": [
    {
      "name": "Molecule Man",
      "age": 29,
      "secretIdentity": "Dan Jukes",
      "powers": [
        "Radiation resistance",
        "Turning tiny",
        "Radiation blast"
      ]
    },
    {
      "name": "Madame Uppercut",
      "age": 39,
      "secretIdentity": "Jane Wilson",
      "powers": [
        "Million tonne punch",
        "Damage resistance",
        "Superhuman reflexes"
      ]
    },
    {
      "name": "Eternal Flame",
      "age": 1000000,
      "secretIdentity": "Unknown",
      "powers": [
        "Immortality",
        "Heat Immunity",
        "Inferno",
        "Teleportation",
        "Interdimensional travel"
      ]
    }
  ]
}

Nah pada pretty JSON itu, ini bisa di bilang pencetakan cantik pada JSON agar bisa menjadi posisi vertikal. Ketika kita berhasil menerima format data JSON maka data yang di tampilkan terkadang berupa posisi horizontal. Saya pernah menggunakan bahasa pemrograman python bekerja pada sebuah library nah saya berhasil menerima sebuah format data JSON itu namun ketika saya print terlihat sangat buruk jika saya lihat pada terminal kamu bisa lihat di bawah ini :

{'stats': {'scanner': 'nmap', 'args': '"C:/Users/GalihAp76/nmap/nmap.exe" -oX - --top-ports 10 68.65.122.10', 'start': '1640504741', 'startstr': 'Sun Dec 26 14:45:41 2021', 'version': '7.91', 'xmloutputversion': '1.05'}, 'runtime': {'time': '1640504745', 'timestr': 'Sun Dec 26 14:45:45 2021', 'summary': 'Nmap done at Sun Dec 26 14:45:45 2021; 1 IP address (0 hosts up) scanned in 4.48 seconds', 'elapsed': '4.48', 'exit': 'success'}}

Kita pasti akan malas melihat format JSON pada posisi horizontal namun saya berhasil memecahkan masalah tersebut dengan memberikan script python di bawah ini :

import nmap3, json
nmap = nmap3.Nmap()
results = nmap.scan_top_ports("68.65.122.10")
data_json = results
with open('results.json', 'w') as file:
    json.dump(data_json, file, indent=4)
f = open("results.json", "r")
print(f.read())

Mudah nya saya memberikan module atau library JSON pada baris kode nomor 1. Lalu hasilnya akan saya simpan pada variabel data_json pada baris kode nomor 4. Nah ketika sudah di simpan pada data_json pada baris kode nomor 5 saya membuat file results.json untuk menulis format data JSON. Ketika data JSON nya sudah berhasil saya terima lalu cetak objek json tersebut dengan menggunakan json_dump pada baris kode nomor 6. Kegunaan dari ini JSON tersebut akan menjadi string pada python dan kode baris nomor 7 di maksudkan saya buka file results.json dan terakhir baris kode nomor 8 saya print pada terminal. Hasil tersebut bisa di lihat di bawah ini :

{
    "stats": {
        "scanner": "nmap",
        "args": "\"C:/Users/GalihAp76/nmap/nmap.exe\" -oX - --top-ports 10 68.65.122.10",
        "start": "1640505212",
        "startstr": "Sun Dec 26 14:53:32 2021",
        "version": "7.91",
        "xmloutputversion": "1.05"
    },
    "runtime": {
        "time": "1640505216",
        "timestr": "Sun Dec 26 14:53:36 2021",
        "summary": "Nmap done at Sun Dec 26 14:53:36 2021; 1 IP address (0 hosts up) scanned in 3.70 seconds",
        "elapsed": "3.70",
        "exit": "success"
    }
    }

Pada pengembangan web saya juga pernah mendapatkan format data JSON pada posisi horizontal dan ini sangat susah ketika saya ingin mencari key dan value pada json nya untuk bisa di tampilkan pada halaman web dan ini bisa di pecahkan menggunakan salah satu ekstensi pada google chrome yaitu JSONvue. Kamu bisa lihat bagaimana penginstallan nya di sini.


Penutup

Itu lah yang bisa saya sampaikan apa itu pretty JSON. Semoga bermanfaat :D