NMAP

Belajar NMAP Part 1 : Penjelasan Mengenai NMAP

Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan NMAP. Bisa simak langsung di bawah ini!


Network Mapper

Sebelum itu di sini saya hanya memberikan edukasi atau pembelajaran saja untuk kamu. Nah NMAP (Network Mapper) ini sebuah alat untuk melakukan port scan pada jaringan jika kamu menggunakan alat ini, kamu akan bisa menemukan port mana yang terbuka, tertutup, ter filter. Sebuah port jaringan yang terbuka pasti ada layanan di belakang nya, kamu tahu kan port? port itu kegunaanya bertugas untuk melakukan sesi koneksi atau bisa saya ibarat kan seperti gerbang atau gini saya ingin ibarat kan lagi saya ingin pergi ke kota tegal maka saya akan menggunakan bus A jika saya ingin pergi ke kota brebes maka saya harus menggunakan bus B anggap bus A itu port nya (1) dan bus B port nya (2) nah gitu lah saya ibaratkan port tersebut. Jika saya ingin menggunakan layanan MYSQL maka saya harus mengaktifkan port 3306.


Port itu ada banyak sekali, ouh ya NMAP ini tidak hanya melakukan port scan saja namun bisa mendeteksi kerentanan, deteksi sistem operasi, scan versi, scan dengan mode agresif (lengkap), scan dengan mode cepat dan masih banyak lagi. Alat NMAP ini sangat powerfull alat NMAP banyak di gunakan oleh seorang pengujian penetrasi , keamanan siber atau pun peretasan etis. Alat NMAP ini di tulis dalam bahasa pemrograman C, C++, Python, dan Lua. Jika kamu ingin menggunakan alat NMAP saya sarankan pelajari dasar dasar sebuah jaringan itu bagaimana konsep 3 WAY HANDSHAKE, apa itu protokol TCP/IP, apa itu protokol UDP, apa itu paket pada sebuah jaringan, apa itu sinyal acknowledgement. Ilmu jaringan sangat terpakai sekali jika menggunakan alat NMAP ini dan bisa tahu bagaimana kamu menggunakannya dan juga cara kerja alat NMAP tersebut.


Penutup

Perlu di ingat kembali saya membuat artikel ini hanya untuk edukasi atau pembelajaran saja untuk kamu dan juga ini sangat berguna nanti jika kamu ingin membuat sebuah aplikasi web nah kamu bisa uji apakah aplikasi web kamu itu rentan atau tidak. Saya telah membuat artikel belajar NMAP part 2 kamu bisa cek di sini. Semoga bermanfaat :D